Samakah Drumband dan Marchingband ?

Masyarakat kita tentu sudah mengenal apa itu drumband ? ya sekelompok orang yang memainkan sederetan peralatan perkusi,pit,melodi dalam satu barisan. Tapi kita hanya mengetahui sekelompok barisan tersebut adalah drumband.

Senyatanya, dalam barisan musik tersebut ada juga yang disebut marchingband. Lalu apakah perbedaannya ? marilah kita cermati dengan seksama dalam barisan permainan musik tersebut.

Dalam membedakan sebutan drumband dan marchingband tentu sagat mudah, karena terdapat perbedaan yang mencolok diantara keduanya. Perhatikan peralatan musik yang digunakan. dalam permainan musik drumband, peralatan yang dimainkan lebih dominan menggunakan musik perkusi. Seperti, Snare, Tenor, Bass, dan Tom-Tom. Alat musik melodi marchingbell/ ballyra. Apabila dilengkapi dengan alat musik tiup biasanya hanya berupa pianika dan recorder.

Begitu juga dalam pertunjukan drumband, lagu yang dibawakan cenderung berupa mars dan tampil dalam bentuk parade. Drumband biasa digunakan untuk keperluan resmi seperti upacara hari-hari tertentu, penyambutan, angkatan bersenjata dan lain lain.

Sedangkan dalam pertunjukan marchingband, biasanya merupakan barisan musisi yang memainkan beberapa lagu dengan memadukan alat musik tiup,perkusi,pit dan melodi. Sebagai contoh peralatan musik perkusi yang digunakan adalah snare,bass dan tom-tom. Instrument melodi marchingbell/ballyra, musik tiup/ brass meliputi terompet, mellophone, baritone, trombhone, Tuba, French horn, euphonium, sedangkan alat musik pit seperti marimba, xylophone,  timpani, dan vibraphone.

Peralatan  perkusi dalam permainan musik marchingband terutama snare  biasanya menggunakan HTS (High Tension Snare) sehingga suara yang dihasilkan juga lebih maksimal. Nyaring dan bervariasi bunyi. Memang harganya jauh lebih mahal daripada snare biasa namun body alat dan suara yang dihasilkan jauh berbeda.

Biasanya dalam permainan marchingband diengkapi dengan barisan penari baik colour guard, riffle atau pembawa buket bunga. Dalam hal ini satu unit marchingband dapat memainkan beberapa lagu dalam satu kali pertunjukan dengan melakukan koreografi maupun atraksi menarik di dalam lapangan.

Pertunjukan marchingband sangat cocok dimainkan dalam pertunjukan seni, festival, maupun karnaval. Karena mengingat banyaknya peralatan yang tidak memungkinkan dimainkan sambil berjalan. Biasanya pertunjukanmarchingband sering kita jumpai dalam pertunjukan indoor atau berhenti dalam satu tempat atau di lapangan dan bukan berupa iring-iringan parade layaknya pertunjukan drumband.

Dengan uraian diatas, mudah bukan bagaimana cara membedakan anatar drumband dan marchingband ? jangan salah lagi ya.. karena keduanya memang berbeda. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.