Aspek-Aspek Pertunjukan Drumband

Saat ini pertunjukan Drumband bukan hanya sekedar penampilan untuk sebuah formalitas pengiring sebuah parade atau perayaan namun sudah dijadikan sebuah seni bahkan olah raga yang diperlombakan. Berikut ini akan kita bahas aspek apa saja yang termaktub dalam pertunjukan drumband. Agar pertunjukan drumband menjadi padu dan mempunyai nilai tersendiri dimata penontonnya. Terlebih ketika pertunjukan drumband ditampilakn untuk sebuah kompetisi. Maka aspek ini harus benar-benar diperhatikan supaya mendapatkan nilai maksimal saat penilaian.

Aspek tersebut mencakup dua hal, yakni aspek musikal dan aspek visual. Pengelompokan ini akan berpengaruh pada metode pelatihan personil dalam melakukan tugas – tugasnya sebelum grup drumband siap tampil menampilkan pertunjukan drumband yang maksimal. Biasanya latihan personil drumband dari kedua pembagian tersebut berlatih terpisah. Hal ini dilakukan untuk mempermudah komunikasi sesuai tugas masing-masing personil drumband.

  1. Aspek Musikal

Aspek musical ini mencakup lagu-lagu yang dibawakan dalam sebuah pertunjukan. Lagu yang dibawakan dalam satu pertunjukan drumband biasanya membawa satu ragam yang sama maupun kombinasi beberapa ragam dalam satu tema. Secara structural biasanya karakter lagu-lagu yang dibawakan tiap drumband mempunyai tipe elemen yang sama. Bagian pembuka yang dimaksutkan untuk mendapatkan perhatian penonton, “solo perkusi” atau disebut dengan feature, “balada” yang menampilkan solo music tiup secara bersama-sama dengan solo perkusi selanjutnya yaitu “penutup” sebagai puncak dari sebuah pertunjukan. Dimasing-masing elemen tersebut diwarnai dengan teknik  permainan music, seperti tewmpo, irama yag ditujukan untuk mendap[atkan satu dinamika permainan yang seimbang, serta sebagai wahana menunjukkan kreatifitas bermusik.

2. Aspek Visual

Aspek visual ini merupakan koreografi yang bisa dinikmati secara visual. Dalam pertunjukan drumband koreografi ini melingkupi pola atau formasi baris-berbaris, aksi tari – tarian oleh  pemain bendera atau gerkan – gerakan yang ditampilakn untuk memberikan efek visual yang bagus dan menarik. Untuk memberikan efek visual ini biasanya pertunjukan drumband maupun marchingband membawa aksesori yang mampu mendukung mendapatkan efek visual tertentu.

 

Demikian aspek yang harus diperhatikan saat pertunjukan drumband. Aspek-aspek tersebut dapat dipersiapkan dengan matang saat melakukan latihan. Sehingga saat pertunjukan semua bisa menghasilkan performance yang maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *